Hot news

Video Heboh, Bule Usir Orang Indonesia di Pulau Cubadak

00.40
Video Heboh, Bule Usir Orang Indonesia di Pulau Cubadak

Tonnymarezco.com - Baru-baru ini heboh pemberitaan tentang video bule yang mengusir orang atau masyarakat Indonesia di pulau Cubadak di kawasan Pulau Mandeh, Sumatra Barat.

Video tersebut di unggah oleh akun Watchdoc Documentary di jejaring sosial Youtube. Video ini berdurasi 21 menit 37 detik, video tersebut mempertontonkan bagaimana orang bule yang mengusir orang Indonesia keluar dari kawasan pulau Cubadak.

Dalam video itu, terlihat seorang fotografer diusir saat mengabadikan keindahan pulau Cubadak. Dikutip dari Kompas.com, Darpius, seorang tokoh masyarakat adat setempat, menceritakan pengalamannya selama membawa wisatawan Indonesia maupun masyarakat lokal yang ingin mengunjungi Pulau Cubadak.

Baca juga:
 Ketika kapal pembawa rombongan merapat ke Pulau Cubadak, tampak Darpius berusaha meminta izin kepada seorang bule yang sedang bermain bersama anaknya di dermaga. "Kita orang lokal, paham di sini seperti apa. Biasanya diberi izin sebentar, paling lama setengah jam," kata Darpius.

Video tersebut memperlihatkan juga beberapa wisatawan asing sedang berjemur di pantai mengenakan bikini. Ada juga yang sedang duduk-duduk hanya mengenakan pakaian seadanya. Aktivitas di pulau itu cenderung sepi.

Penolakan sempat terjadi ketika seorang videografer sedang mengambil gambar. Ada juga seorang bule lelaki yang tiba-tiba teriak dari kejauhan dan melarang aktivitas tersebut.

"Jangan buat foto begitu, minta izin dulu," kata seorang bule di kapal tersebut.

Kejadian pengusiran dialami seorang fotografer ketika sedang mendokumentasikan keindahan pulau itu. Ia dihampiri oleh seorang perempuan bule yang diduga membawa gelas berisi bir, yang kemudian disebut sebagai pengelola pulau. Ia mengaku diusir karena tidak memiliki izin.

"Tadi saya ambil gambar, tapi dilarang. Padahal, saya ambil pondok aja, bukan orang, tapi dilarang," kata juru kamera tersebut.

Darpius kemudian menanggapi hal itu. Ia tak melarang jika ada yang kurang puas terhadap pengelola. Ia pun mengakui pengelola saat ini kurang ramah.

"Silakan diekspos saja, yang sekarang memang kurang ramah, (padahal) yang pemilik lama ramah," kata Darpius.

Tak lama kemudian, pengelola tersebut kemudian tampak menghampiri Darpius. Ia kemudian mengingatkan tidak boleh ada dokumentasi di pulau tersebut tanpa izin dari dia.

"Kalau yang saya tidak setuju jangan, pergi sekarang!" hardik pengelola tersebut sembari pergi membelakangi Darpius.

Darpius kemudian mengutarakan kekecewaannya. Ia menilai pengelola saat ini sudah merasa pulau itu miliknya, bukan disewakan.

"Kalau dengan Mister Nani (pengelola sebelumnya) tidak, tapi pengelola sekarang merasa ini milik dia. Pemerintah harus bersikap," kata dia.

Berikut Video Bule Usir Orang Indonesia di Pulau Cubadak, Klik disini


Jangan Lewatkan Artikel Menarik Lainnya

0 komentar