Hot news

Bos Facebook Berkunjung ke Kampung Cyber dan Borobudur

08.59
Bos Facebook Berkunjung ke Kampung Cyber Taman Sari Yogyakarta

Tonnymarezco.com - Hari ini Founder/pemilik jejaring sosial terbesar di dunia Facebook, Mark Elliot Zuckerberg, datang ke Indonesia untuk menghadiri kampanye Internet.org. Internet.org adalah proyek yang telah dikembangkan Facebook dengan misi membuat semua orang di Bumi ini terhubung dan terkoneksi dengan Internet.

Kemaren Minggu (12/10) sore, seorang tamu tak diundang datang ke Kampung Cyber, RT 36, Taman Sari, Yogyakarta. Tidak lain adalah Mark Zuckerberg. Kunjungan tersebut tak disangka-sangaka dan sangat mendadak, lantaran tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Baca juga: Heboh, Video Kekerasan Anak SD Bukittinggi Ramai di Youtube

Dilansir dari Tribunnews.com, Penggagas Kampung Cyber, Antonius Sasongko, mengaku tak menyangka Mark Zuckerberg mengunjungi kampungnya. Bahkan, dirinya baru tahu saat Mark datang dan langsung ingin menemui dirinya.

"Tadi dia datang sekitar pukul 15.00, ditemani bodyguard serta beberapa asistennya. Saya sendiri enggak menyangka dia datang ke sini, dan mendadak pula," jelasnya saat ditemui di rumahnya, Minggu malam.

Dia menceritakan, Mark kurang lebih berada di kampung tersebut selama 30 menit. Ia pun tidak sempat mempersilakan sang pencipta Facebook itu singgah dan mengobrol di rumahnya.
"Cuma ketemu di jalan kampung, lalu dia ingin mengobrol dan tanya-tanya soal kampung cyber, ngobrolnya juga di Pos Ronda yang biasa dijadikan warga untuk tempat belajar internet," bebernya.
Baca juga: KPI Mencekal Sinetron 'GGS', Karena Adegan Pelukan

Lebih lanjut ia mengisahkan, selama mengobrol, Mark terlihat sangat antusias saat mendengarkan paparannya tentang sejarah Kampung Cyber. Terlebih saat ia menjelaskan bahwa Facebook dijadikan sebagai media berkomunikasi antar warga.
"Dari ekspresi wajah dan gerakan tubuhnya, dia memang kelihatannya antusias sekali. Dia tidak banyak bicara, lebih banyak mendengarkan penjelasan saya sambil manggut-manggut," kata Koko, sapaan akrabnya.
Koko pun berujar, Mark memang mengaku mengetahui keberadaan Kampung Cyber di Taman Sari tersebut. Namun ia tidak mengatakan secara terus terang dari mana sang programmer itu mengetahui kabar tentang Kampung Cyber ini. (tribunjogja.com kepada Tonnymarezco.com)

Dilansir dari News.detik.com, Di akun Facebooknya, Mark Zuckerberg memposting foto yang menunjukkan bahwa ia tengah berada di candi yang terletak di Jawa Tengah tersebut. Ia terlihat duduk bersila menghadap matahari terbit. Ia menulis status,
"Aku baru saja tiba di Indonesia, dan langsung mendaki Borobudur untuk melihat matahari terbit."
Di Indonesia, Mark Zuckerberg akan menghadiri acara yang diselenggarakan internet.org dan bertemu sejumlah pejabat di Jakarta. Salah satu pejabat negara yang akan dia temui adalah Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi). Pertemuan itu direncanakan digelar Senin ini.

Dilansir pula dari Nasional.kompas.com, Menurut Heru, pertemuan ini dilakukan dalam kapasitas Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta, bukan sebagai presiden terpilih. Kendati demikian, tak menutup kemungkinan pembicaraan akan mencakup lingkup nasional.
"Mungkin ada terobosan-terobosan yang disampaikan beliau (Zuckerberg) untuk membantu pengembangan IT di Indonesia," ujar Heru. 
Selain itu, lanjut Heru, pertemuan juga akan turut membahas kondisi perekonomian Indonesia ke depan, mengingat Mark juga adalah seorang pengusaha yang sukses.
"Ya bisa di bidang pendidikan, investasi, kan dia orang terkaya. Bisa beasiswa mahasiswa, macem-macem besok, kita ketemu besok pagi jam 9 lah," pungkasnya. 
Dikutip lebih lanjut dari Merdeka.com, Jokowi mengatakan, pembicaraan mereka berdua lebih kepada penggunaan facebook di Indonesia. Dan dia mengharapkan agar Facebook dapat digunakan untuk melakukan komunikasi verbal langsung terhadap warga.
"Saya tadi dengan Mark sudah banyak berbicara tentang penggunaan Facebook di Indonesia, dan tadi kita berbicara bagaimana menggunakan Facebook untuk berbicara dengan masyarakat," kata Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (13/10).
Selain berkomunikasi dengan warga, Jokowi juga mengharapkan agar dengan Facebook dapat meningkatkan ekonomi kecil. Namun mantan wali kota Solo ini menambahkan, mereka berdua lebih banyak menyinggung penggunaan Facebook saat kampanye.
"Kami bercerita mengenai penggunaan Facebook saat kampanye. Saya sampaikan populasi di Indonesia ada sekitar 70 juta pengguna Facebook. Ini sebuah potensi bagi dia," jelas Jokowi.
Karena mendapatkan keuntungan dari masyarakat Indonesia, Jokowi meminta kepada Mark untuk berbagi keuntungan dengan Indonesia. "Mestinya kita juga mendapatkan manfaat yang real untuk bangsa dan masyarakat," tutupnya.

Jangan Lewatkan Artikel Menarik Lainnya

0 komentar