Hot news

Microsoft Resmi Memperkenalkan Windows 10

23.19
Microsoft Resmi Memperkenalkan Windows 10

Tonnymarezco.com - Microsoft resmi memperkenalkan Windows 10, Windows terbaru akhirnya diluncurkan oleh perusahaan raksasa dunia Microsoft. Sistem operasi yang diberi nama Windows 10 ini resmi diumumkan oleh Microsoft. Seperti rumor yang beredar bahwa Windows teranyar adalah Windows 9, hal itu dibantahkan setelah pengumuman Microsoft dengan langsung meluncurkan sistem operasi Windows 10.

Dilansir dari Liputan6.com, Soal pemilihan nama ini, kepala divisi sistem operasi Microsoft Terry Myerson mengatakan, "Windows 10 akan menjadi platform kami yang paling komprehensif, sehingga tidak cocok jika disebut Windows 9."

Lebih lanjut ia menjelaskan, "Windows 10 akan berjalan di banyak jenis perangkat. Pengalaman yang dihadirkan akan disesuaikan dengan jenis perangkat yang menggunakannya. Dengan Windows 10, akan ada suatu aplikasi universal, satu toko aplikasi, dan semua aplikasi tersebut dapat terintegrasi dengan jenis perangkat-perangkat lainnya".

Banyak pula yang mempertanyakan mengapa Microsoft langung meluncurkan Windows 10? Menurut Cnet (30/9/2014), dengan penamaan yang melompati satu versi itu, Microsoft mencoba menunjukkan keseriusannya dengan memberikan perubahan yang fundamental di sistem operasi baru itu.

Berikut pembaruan yang akan tersedia dalam Windows 10, yang dirangkum dari situs Cnet.

1. Upgrade

Peluncuran Windows 10 direncanakan akan launching tahun depan. Diperkirakan Windwos 10 meluncur di pertengahan atau akhir tahun 2015.

Jika Ingin merasakan sistem operasi ini, pengguna bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu ke Windows Insider Program yang akan dibuka pada Rabu (1/10/2014) waktu USA dan pendaftaran bisa dilakukan di preview.windows.com.

Microsoft juga belum melansir harga versi retail untuk OS Windows 10. Pengguna akan merasakan tahap awal menggunakan Windows 10, tapi dengan konsekuensi masih terdapat "bug"

2. Aplikasi

Microsoft belum memberikan spesifikasi secara detail tentang sistem operasi terbarunya ini, dirangkum dari berbagai sumber, Windows 10 akan dapat berjalan di semua perangkat sperti PC, tablet maupun smartphone.

Menurut Microsoft, para developer diharuskan merubah semua aplikasi buatannya agar bisa berjalan semua platform. Tampilan aplikasi tersebut haruslah responsif dengan semua perangkat yang ada.

3. Antarmuka

Pengoprasian Windows 10 akan bersifat opsional, kenapa? karena kita dapat mengoperasikan OS ini dengan layar sentuh maupun keyboard.

Dilansir pula dari tekno.kompas.com, Saat pengguna memasangkan perangkat tabletnya dengan sebuah docking keyboard, maka antarmuka yang ditampilkan berupa tampilan desktop standar komplit dengan tombol Start yang kembali hadir.

Begitu docking keyboard dilepas, maka pengguna akan mendapatkan antarmuka layar sentuh layaknya Windos 8.

Dengan fitur antarmuka Snap, pengguna juga bisa menampilkan lebih dari satu aplikasi dalam satu jendela. Microsoft menambahkan dukungan kuadran layout dimana pengguna bisa menampilkan empat jendela aplikasi sekaligus yang berjalan bersamaan.

Terdapat juga dukungan untuk beragam antarmuka desktop. Dengan demikian, pengguna bisa beralih dari satu antarmuka aplikasi yang sedang berjalan ke antarmuka desktop dengan mudah.

4. Tombol Start menu

Seperti disinggung di atas, tombol Start menu telah dihadirkan kembali oleh Microsoft di layar desktop-nya. Tombol tersebut kembali menempati posisi sakralnya selama ini, di pojok kiri bawah.

Namun yang berbeda kali ini, tampilan Start Menu yang diusung Microsof dalam Windows 10 merupakan gabungan dari Windows 7 dan Windows 8.

Selain menampilkan daftar shortcut ke berbagai aplikasi, Start menu tersebut juga memiliki bagian yang menampilkan jendela Live Tiles, yaitu menu kotak-kotak khas Windows 8.

5. Dukungan perangkat

Belum pasti apakah semua perangkat Windows saat ini yang beredar akan mendukung Windows 10 atau tidak. Microsoft mengembangkan Windows 10 dari basis Windows 8.1 yang telah mengusung komputasi 64-bit.

Dengan demikian, beberapa prosesor lawas tidak lagi didukung oleh sistem operasi baru Microsoft ini. Namun untuk PC, Windows 10 akan bisa dijalankan dalam sistem yang belum terlalu lama.

Kesimpulannya, jika Anda membeli perangkat Windows yang diluncurkan saat ini hingga satu tahun mendatang, besar kemungkinannya perangkat tersebut bisa dipasangi Windows 10.

Jangan Lewatkan Artikel Menarik Lainnya

2 komentar