Hot news

Google Doodle Rayakan Hari Batik Nasional Indonesia

08.55
Hari Batik Nasional Indonesia

Tonnymarezco.com - Hari ini Selasa (2/10/14) bertepatan dengan Hari Batik Nasional Indonesia, ada yang spesial karena Google juga turut merayakan Hari Batik Nasional Indonesia ini dengan memasang Doodle di mesin pencariannya.

Bila mengunjungi Google hari ini, tampilan yang biasa dijumpai dengan huruf Google tersebut dirubah dengan gambar tampilan 6 orang yang mengenakan pakaian khas Indonesia yaitu Batik, karena dalam rangka mengenang peristiwa ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Baca juga: Microsoft Resmi Memperkenalkan Windows 10

Dikutip dari Sidomi.com, Penetapan batik sebagai sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia terjadi pada 2 Oktober 2009 silam. Dalam sejarah tersebut, tradisi pembuatan batik bukan hanya milik Indonesia. Tetapi batik juga terdapat di negara-negara seperti Nigeria, China, India, Malaysia, Filipina, dan Sri Lanka. Meskipun demikian, batik Indonesia adalah salah satu yang fenomenal dan paling dikenal di seluruh dunia.

Situs resmi UNESCO mencantumkan bahwa Batik Indonesia mempunyai berbagai motif yang berkaitan erat dengan perkembangan budaya bangsa. Keragaman status sosial, kebudayaan lokal, alam, hingga sejarah telah melahirkan warna-warni dalam kesenian batik Indonesia. Indonesia harus bangga karena batik adalah ciri khas Indonesia yang harus dijaga agar tidak luntur ditelan zaman.

Baca juga: Video Siswi MAN Sumbok Aceh Utara Goyang Koplo, Pendapat Netizen?

Indonesia sendiri sejak tahun 2009 telah merayakan 2 Oktober sebagai hari batik nasional. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mengeluarkan Keppres No. 33/2009 yang menetapkan tanggal tersebut sebagai peringatan diakuinya batik sebagai warisan dunia.

Jangan Lewatkan Artikel Menarik Lainnya

0 komentar